ADS 11

Langkah - Langkah Penggantian Belt Sebagian Pada Sistem Conveyor


DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – Pada kesempatan yang lalu kita telah belajar mengenai penggantian belt secara keseluruhan. Tetapi, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi ilmu mengenai penggantian belt sebagian pada sistem conveyor. Apabila ada pertanyaan atau saran serta kritik, Anda bisa menyampaikan di halaman HUBUNGI KAMI atau bisa klik disini. Berikut cara atau langkah penggantian belt secara sebagian. Selamat membaca ya.






PENGGANTIAN BELT SEBAGIAN

Bila terjadi kerusakan sebagian belt pada sistem conveyor yang mana kerusakan tersebut tidak memungkinkan untuk diperbaiki, maka sebagian belt yang rusak harus diganti dengan belt baru atau dengan belt pengganti.

Langkah-langkah penggantian belt sebagian antara lain sebagai berikut :

PERSIAPAN

 
Sistem Belt Conveyor
Mempersiapkan belt pengganti yang panjangnya sesuai dengan panjang belt yang rusak ditambah untuk dua sambungan.

Bila sistem conveyor mempergunakan grafity take up pulley (lihat gambar), panjang  belt minimum lebih panjang dari pada panjang belt yang melalui bend pulley ke take up pulley sampai dengan bend selanjutnya.


Disamping mempersiapkan belt pengganti dipersiapkan pula semua peralatan dan sarana untuk pelaksanaan penggantian sebagian belt, antara lain :
- Chain block
- Level block
- Tirport
- Klem
- Kunci pas ring, dsb

MENGENDORKAN KETEGANGAN BELT

Kendorkan kekencangan atau ketegangan belt dengan cara mengangkat take up pulley semaksimum mungkin, meskipun kerusakan belt berakibat belt putus, take pulley harus diangkat semaksimum mungkin dan bila sistem conveyor tidak menggunakan take up pulley kendorkan belt semaksimum mungkin sesuai take up sistem yang dipergunakan. Lepas rubber skirt dan bebaskan blade scrapper.

PENEMPATAN BELT PENGGANTI

Belt yang rusak posisikan pada lokasi yang memungkinkan untuk penyambungan. Pasang klem pada kedua sisi belt yang jarak antara kedua klem lebih panjang daripada panjang belt yang akan diganti, lepas idler dan supportnya.

Diantara kedua klem tersebut. Potong belt yang akan diganti atau rusak dan dilepas serta tempatkan belt pengganti diantara kedua klem tersebut.

PENYAMBUNGAN BELT

Dilakukan penyambungan belt sesuai ketentuan dan prosedur penyambungan belt secara hoy splicing atau cold splicing.

PENYELESAIAN

Setelah ketentuan-ketentuan proses penyambungan belt terpenuhi, tahapan akhir dari penggantian belt sebagian antara lain :
- Lepas klem
- Pasang support dan idler
- Keraskan atau kencangkan ketegangan belt atau turunkan take up pulley
- Pasang rubber skrit
- Fungsikan kembali blade scrapper test putaran balik
- Setel bila putaran belt tidak lurus
- Dan sistem conveyor siap dioperasikan atau stand by
- Benahi semua peralatan, bersihkan dan rapikan bekas lokasi pengerjaan serta tempatkan belt bekas sesuai penempatannya

Note :
Agar berfungsi dengan baik, pembersih (belt scrapper) ini harus selalu diadakan pemeriksaan secara rutin, karet pembersih disetel antara 5 – 10 mm sebelum habis menyentuh klem. Lebar karet pembersih tidak boleh lebih dari 1,5 kali lebar klem, bila lebih tidak berfungsi dengan baik dan tidak efektif.

Demikian penjelasan mengenai penyambungan atau penggantian belt sebagian pada sistem conveyor. Operator energi primer atau coal handling setidaknya melakukan pengecekan secara periodik baik sebelum dioperasikan, dioperasikan maupun setelah dioperasikan sistem conveyornya. Pengecekan tersebut perlu di dukung adanya list atau form pengecekan agar, ketika terjadi masalah atau kerusakan pada belt dapat dicari waktu kejadian dan operator siapa yang bertugas pada waktu tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk berlangganan gratis dengan blog kami agar selalu mendapatkan artikel terupdate atau baru setiap saat dan gratis, silahkan tuliskan nama email Anda di BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS. Baca juga : Klasifikasi Sistem Belt Conveyor Dari Sisi Unit Penggeraknya Dan Pulley Penggeraknya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah - Langkah Penggantian Belt Sebagian Pada Sistem Conveyor"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel