21 July 2018

Cara Sederhana Menghemat Energi Di Sekitar Kita


Saving Energy
DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pernahkah listrik di rumahmu pada di malam hari? Apakah yang kamu lakukan jika itu terjadi? Kamu dapat menggunakan lampu senter untuk menerangi ruangan yang gelap. Lampu senter merupakan alata yang dapat menghasilkan cahaya. Mengapa lampu senter dapat menghasilkan cahaya? Jika kamu buka, di dalam lampu senter terdapat baterai. Baterai merupakan contoh sumber energi. Apa itu sumber energi? Sumber energi adalah sesuatu yang dapat menghasilkan energi. Baterai menyimpan energi listrik. Energi itu berasal dari bahan kimia yang ada didalamnya. Apakah yang akan terjadi jika baterai digunakan terus menerus? Baterai itu akan habis.

Setelah habis, baterai itu dibuang karena tidak dapat digunakan kembali. Dengan demikian, kamu harus membeli yang baru. Andaikan kamu menggunakan baterai dengan boros. Senter kamu nyalakan pada saat yang tidak perlu. Radio dan mainan yang menggunakan baterai selalu kamu hidupkan. Hal seperti itu akan menyebabkan bateraimu cepat habis. Setelah habis, kamu harus membeli baterai yang baru dan perlu ongkos yang lumayan. Penggunaan baterai yang boros membutuhkan biaya yang banyak. Oleh karena itu, penggunaan baterai harus hemat. Bagaimana dengan penggunaan sumber energi yang lain?

Baca juga : Macam - macam Pembangkit Listrik

Perhatikan gambar di bawah ini. Lampu seperti pada gambar itu disebut lampu hemat energi. Orang yang menggunakan lampu tersebut berarti telah menggunakan lampu hemat energi?
Lampu Hemat Energi
Gambar 1 Lampu Hemat Energi
Kamu harus menghemat energi dirumah dan di sekolah. 

Contoh cara menghemat energi yang dapat kamu lakukan dirumah adalah sebagai berikut :

1. Segera matikan  kompor jika telah selesai digunakan

2. Jangan tinggalkan kamar dalam keadaan lampu yang masih menyala

3. Segera matikan lampu jika hari sudah terang

4. Matikan semua barang elektronik jika tidak digunakan

5. Menyetrika dilakukan setelah pakaian yang akan disetrika terkumpul cukup banyak. Jangan menyetrika hanya 1-2 pakaian saja yang ada memboroskan energi atau listrik


Tahukah Kamu? 
Kunang – kunang Hewan Bercahaya 
Thomas Edison adalah ilmuwan yang terkenal karena menemukan bola lampu. Dalam masa ini, bola lampu telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Tiap malam, jutaan bola lampu mungil bersama-sama menerangi kota-kota besar diseluruh dunia. Penerangan menjadi suatu simbol penting bagi peradaban ini. Namun, ada sumber penerangan lain.

Kita tentunya pernah menjumpai cahaya kecil  yang menerangi kegelapan malam. Cahayanya begitu kuat dan terang. Namun, sumber penerangan ini sangatlah berbeda dengan bola lampu. Bahkan ia sama sekali bukanlah benda mati, melainkan makhluk hidup. Ia adalah kunang – kunang. Makhluk kecil ini menghasilkan cahay dalam tubuhnya meskipun ia tidak memiliki bola lampu. Meskipun tidak menggunakan listrik, ia memiliki teknologi yang jauh lebih hebat.

Teknologi ini lebih efektif daripada bola lampu. Hal ini disebabkan bentuk sempurna pada sistem penghasil cahaya yang dimilikinya. Tubuhnya berisi dua zat kima khusus. Untuk menghasilkan cahaya, dua zat ini tercampur dan percampuran ini menghasilkan energi dalam bentuk cahaya. Hal itu terjadi bukanlah suatu kebetulan. Ia sengaja diciptakan secara khusus oleh sang Maha Pencipta.

Adapun contoh cara menghemat energi yang dapat kamu lakukan di sekolah adalah sebagai berikut :

1. Bukalah pintu dan jendela untuk mendapatkan ruangan yang terang. Dengan demikian, kamu tidak perlu menyalakan lampu

2. Jika terpaksa menggunakan lampu, gunakanlah seperlunya. Jika meninggalkan ruangan, lampu itu harus kamu matikan


Demikianlah penjelasan cara sederhana menghemat energi yang bisa kita lakukan di rumah maupun di sekolah. Mari kita bijak dalam menggunakan sumber energi yang terdapat disekitar kita. Agar anak cucu kita nanti masih bisa merasakan sumber energi yang kita rasakan sekarang ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait