Tips Ngeblog Untuk Pemula - D MEDIA ONLINE

Kali ini saya ingin berbagi tips ngeblog bagi Anda yang notabene masih pemula. Semoga wawasan blogging yang saya share melalui artikel ini dapat memberikan pencerahan serta bahan bimbingan yang berarti bagi sahabat pembaca.

Buat diri Anda sepenuhnya paham “apa itu blog?”
Anda tidak akan bisa menghasilkan apapun tanpa berbekal basic ngeblog yang cukup. Artinya, sebelum membuat sebuah blog terlebih dahulu Anda harus banyak belajar dengan mencari berbagai referensi untuk memahami “apa sejatinya ngeblog itu?”.
Buatlah blog baru dan tulislah artikel sesuai minat Anda.
Setelah Anda memiliki pengetahuan dasar tentang blog dan ngeblog, buatlah sebuah blog baru untuk Anda mencoba menuangkan apa yang selama ini Anda dapat hasil dari pengkajian dari berbagai sumber referensi yang Anda temukan. Tulislah artikel sesuai minat Anda, karena menulis sesuai minat akan memudahkan Anda untuk mengelola bahasan, dan Anda juga akan bisa lebih produktif dibanding menulis artikel dengan topik diluar bidang yang Anda minati.
Sambil ngeblog, teruslah perdalam pengetahuan Anda tentang teknik ngeblog.
Terus kembangkan blog Anda sambil Anda meng-upgrade pengetahuan Anda tentang ilmu blogging. Jangan hanya menulis dan menerbitkan artikel, tapi Anda juga harus berusaha mencari tahu apa kekurangan pada blog Anda dan berusaha menyempurnakannya agar kedepannya benar-benar bisa menjadi mesin uang bagi Anda.
Pelajari dasar Search Engine Optimization (SEO)
Optimasi Mesin Pencari atau yang lebih familiar dengan sebutan SEO merupakan teknik optimasi untuk mendongkrak posisi blog Anda di hasil penelusuran mesin pencari, seperti Google atau Bing. Setidaknya Anda harus memahami dasar SEO supaya tidak salah arah dalam mengembangkan blog Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERPS.
Asah kemampuan Anda untuk menganalisa kelebihan blog orang lain
Referensi yang Anda dapat dari berbagai sumber pastinya masih belum cukup. Cermati blog orang lain, cari tahu apa kelebihan yang ada pada blog tersebut sehingga bisa didatangi banyak pengunjung. Koreksi blog Anda, dan implementasikan kelebihan yang ada pada blog orang lain ke blog Anda sehingga kedepannya juga bisa mendapatkan trafik secara maksimal.
Senantiasa evaluasi hasil pekerjaan Anda untuk memudahkan langkah kedepan
Jangan biarkan begitu saja apa yang sudah Anda kerjakan dihari kemarin. Analisa kinerja Anda dihari kemarin, apakah sudah sesuai target atau masih perlu banyak pembenahan. Evaluasi yang Anda lakukan akan memberikan gambaran bagaimana seharunya Anda melanjutkan pengembangan blog tersebut.
Buang rasa malas
Percaya atau tidak, tidak ada satupun dari jutaan blogger di jagat maya ini yang berhasil menorehkan kesuksesan berbekal kemalasan. Blogger itu harus enegik, maka Anda harus membuang jauh-jauh sifat malas Anda jika ingin menghasilkan profit dari rutinitas ngeblog.
Selalu berpikir positif dan tetap optimis
Pengembangan blog membutuhkan serangkaian proses dan relatif memakan waktu. Selama proses pengembangan berlangsung kita harus tetap konsisten dengan apa yang kita kerjakan serta terus memupuk rasa optimisme agar tidak patah arang dan menjadi blogger yang gagal.
Sabar
Tidak ada yang instan. Semua membutuhkan percencanaan yang matang serta proses. Jangan pernah berhenti ditengah-tengah jalan meskipun target yang Anda ingin raih masih belum terwujud. Sabar, dan tetap kerjakan seperti biasa apa yang semestinya Anda kerjakan sebagai seorang blogger.
Konsisten
Apapun hasil yang didapat dalam kurun waktu tertentu, tetaplah fokus dan konsisten untuk melakukan tugas-tugas Anda sebagai blogger. Blogging adalah untuk jangka panjang sehingga menuntut Anda untuk tetap fokus dan tidak teralihkan ke yang lain, apalagi berhenti tanpa hasil. Konsistensi merupakan salah satu kunci pokok untuk menjadi blogger sukses.
BEBERAPA HAL YANG MENYEBABKAN BANYAK BLOGGER PEMULA GUGUR DITENGAH JALAN
Jika dipresentasi, jumlah blogger yang mampu mengecap kesuksesan memang terbilang sangat minim apabila dikomparasi dengan jumlah blog yang sudah online. Hal tersebut dipicu oleh berbagai faktor, dan berikut ini adalah beberapa hal yang menurut pengamatan saya menjadi alasan mendasar dibalik kegagalan dalam mewujudkan target blogging (mendapatkan penghasilan secara berkelanjutan dari blog).
Tidak atau kurang pahan tentang blog itu sendiri
Seperti yang saya singgung diatas, bahwa fase awal untuk bisa meraih kesuksesan dari blogging adalah dengan membekali diri Anda terlebih dahulu tentang “apa itu blog”. Karena pemahaman yang sangat terbatas tentang ngeblog, maka sebagian blogger pemula pun menekuni profesi ini secara asal-asalan alias tidak terarah sehingga hasilnya pun jauh dari espektasi.
Ngeblog dengan cara yang salah
Secara definisi ngeblog adalah menulis, namun secara teknis ngeblog lebih dari sekedar menulis. Banyak tugas yang harus dikerjakan, dan sebagian blogger pemula masih banyak yang belum memahami bagaimana tata cara ngeblog yang benar. Contoh kasus ngeblog dengan cara yang salah adalah menerbitkan artikel hasil copy-paste, mengambil hambar yang mengandung materi hak cipta, mengoptimasi blog dengan teknik terlarang, dsb.
Tidak menyadari bahwa “menghidupkan blog” itu membutuhkan waktu
Membuat blog memang mudah, namun untuk bisa bersaing dengan blog-blog lain membutuhkan cukup waktu. Untuk bisa mendatangkan pengunjung dari search engine harus menempuh tahapan demi tahapan terlebih dahulu, dan dalam hal ini banyak blogger pemula yang merasa putus asa ditengah-tengah jalan karena setelah menunggu sekian bulan blognya masih minim pengunjung.
Jika semuanya sudah sesuai prosedur (merujuk pada teknik blogging yang benar), sebenarnya mendapatkan pengunjung hanya masalah waktu. Set-up blog Anda sebagaimana mestinya, lakukan optimasi dengan metode optimasi yang benar, beri backlink blog Anda, terus post artikel, dan dalam beberapa bulan kedepan pasti akan didatangi pengunjung yang kemudian dapat dikonversi menjadi uang.
Kurang yakin dengan kemampuan diri sendiri
Pada fase-fase awal Anda ngeblog, mungkin Anda akan merasa kecil hati ketika berkunjung ke blog tetangga. Mereka sudah terlihat mahir, blognya sudah dikunjung banyak orang, sementara Anda masih sedikit mengerti dan blog Anda pun baru dikunjungi 1-2 orang. Tetap percaya diri, yakinkan diri Anda bahwa kelak Anda bahkan bisa melebihi pencapaian blogger lain.

Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber : bloggerlamongan.com

No comments:

Powered by Blogger.