10 June 2018

10 Tips Menghemat Baterai Smartphone Androidmu - D MEDIA ONLINE


Android merupakan sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Merk smartphone terkenal seperti Samsung, Asus, OPPO, Xiaomi, HTC, Sony, Vivo juga menggunakan android. Secara desain android memang simpel dan mudah digunakan. Namun, untuk baterai apakah ia juga bisa diandalkan? jawabannya bisa beragam, karena selain tergantung dari kualiatas dan kapasitas baterainya, cara penggunaan smartphone itu sendiri juga mempengaruhi keandalan baterai. Untuk itu lah, kami rangkumkan beberapa tips menghemat baterai smartphone android berikut agar baterai smartphone Anda bisa on lebih lama.


Smartphone Android sudah menjadi kebutuhan penting manusia modern saat ini, banyak hal yang bisa dilakukan dengan alat canggih satu ini, mulai dari menelpon, chatting di sosial media, main game, mengerjakan pekerjaan kantor hingga trading saham. Kegunaan yang banyak ini menuntut smartphone untuk bisa digunakan dalam waktu yang lama.


Pada umumnya kapasitas baterai smartphone ada dikisaran 3.000 mah sampai 10.000 mah. Semakin besar kapasitas baterai maka semakin lama handphone bisa digunakan. Namun, sebenarnya banyak fitur-fitur pada smartphone android yang tidak terlalu penting yang banyak mengonsumsi daya baterai sehingga baterai jadi lebih cepat habis daripada semestinya.

Penyebab Baterai Cepat Habis dan Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

Fungsi utama smartphone memang untuk membantu memudahkan kita, jika penyebab baterainya cepat habis karena digunakan untuk menelpon, mengambil video atau gambar dan mendengarkan musik itu hal yang wajar. Namun, terkadang smartphone jadi lebih cepat drop padahal tidak terlalu sering digunakan. Untuk itu, berikut kami jabarkan beberapa penyebab baterai smartphone cepat habis dan juga tips menghemat baterai smartphone android.

1. Setting Kecerahan Layar yang Terlalu Tinggi

Sering berada di luar ruangan biasanya jadi alasan untuk menyeting kecerahan layar jadi lebih cerah. Bahkan untuk hp tertentu kecerahan layar akan otomatis berubah lebih terang ketika berada di luar ruangan, tujuannya agar tampilan smartphone tetap bisa terbaca. Nah, ternyata inilah salah satu biang keladi penyebab baterai jadi boros.
Tips : Atur kecerahan layar menjadi low atau medium, jika hp diseting otomatis terang saat diluar ruangan, persingkat waktu terang layarnya agar dapat segera kembali redup setelah digunakan.


2. Berada di Area dengan Sinyal Lemah

Untuk yang sering pulang kampung pasti pernah mengalami ini, seketika hp jadi lebih panas dari biasanya dan baterai cepat terkuras. Kesulitan menjangkau sinyal membuat smartphone mengambil lebih banyak daya baterai, karena itulah hp jadi lebih cepat drop dan panas.
Tips : Matikan hp untuk sementara waktu atau aktifkan mode pesawat sampai menemukan area dengan sinyal yang bagus, namun jika takut ada telpon medesak, tetap aktifkan hp anda tapi dengan merubah sinyal data nya ke 2G atau GPRS agar hp android anda tidak panas karena mencari sinyal 3G atua 4G.


3. Fungsi Getar dan Notifikasi yang Selalu Aktif

Fungsi yang satu ini biasanya aktif dalam default dari hp baru dan memudahkan mengetahui ada notifikasi saat smartphone sedang di kantong. Namun, mengaktifkan fungsi getar untuk notifikasi atau bahkan pada papan ketik akan membuat hp jadi lebih banyak menggeluarkan daya untuk bergetar seharian. Apalagi jika anda sering menulis dan menerima notifikasi.
Tips : Jika anda ingin menghemat baterai sebaiknya matikan fungsi getar, atau batasi hanya untuk hal penting saja.


4. Mengaktifkan Aplikasi dengan Penanda Lokasi / Selalu mengaktifkan GPS

Semakin banyak aplikasi android yang menggunakan penanda lokasi agar bisa mengetahui lokasi dari si pemegang hp. Sebut saja seperti Google Map, Waze, Facebook, Wechat, Bee Talk, Instagram, Twitter dll. Selalu mengaktifkan penanda lokasi membuat smartphone android akan selalu aktif mencari posisi dengan mengakses GPS. Proses ini yang membuat baterai smartphone jadi lebih cepat habis.
Tips :  Matikan fitur penanda lokasi di aplikasi atau tutup aplikasi yang mengakses penanda lokasi jika sudah tidak digunakan.


5. Memilih Wallpaper Animasi atau dengan Warna Terang


Wallpaper yang indah memang menambah sisi stylist sebuah smartphone, namun seperti tingkat kecerahan seperti yang sudah dibahas di poin satu. Wallpaper yang terlalu berwarna atau warnanya terang akan sama efeknya seperti kecerahan layar.
Tips : Ganti wallpaper androidmu jadi yang statis dan berwarna lebih gelap, atau bahkan hitam. Warna hitam adalah warna yang paling sedikit mengonsumsi energi smartphone.


6. Mengaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Singkronisasi otomatis pada email, kalender, twitter memang bisa mempermudah jika ingin tetap mengupdate informasi. Namun, proses singkronisasi ini akan terus direfresh otomatis meskipun smartphone anda sedang dicas sekalipun. Matikan fitur ini jika anda ingin menghemat baterai.

7. Terlalu Banyak Widged di Layar Utama

Banyak aplikasi sosial media seperti whatsapp, bbm dan line yang memiliki widget yang dapat diletakan di layar utama agar lebih mudah diakses. Tapi tahukah anda jika widged ini banyak memakan daya baterai, selain fungsi auto updatenya bentuk wiged yang biasanya berupa animasi juga bisa sangat boros baterai. Matikan juga widged-widget tak penting jika ingin menghemat baterai smartphone android anda.

8. Sistem Operasi yang Sudah Out Date

Rajin mengupdate sistem operasi smartphone bisa memiliki banyak manfaat. Salah satunya berpengaruh juga pada baterai. Sistem opersasi yang update akan memastikan tidak ada bug di aplikasi-aplikasi yang terpasang. Jika aplikasi berjalan dengan smooth tanpa kendala, tentunya akan membuat baterai jadi lebih hemat.

9. Smartphone Kepanasan

Penggunaan smartphone dalam jangka waktu lama atau menggunakannya di tempat bersuhu tinggi dapat memanaskan baterai. Beterai yang panas diyakini malah mempercepat habisnya daya baterai. Itulah mengapa baterai yang sudah 20% biasanya akan lebih cepat habis dan terasa panas saat dipegang.
Tips : Charge baterai smartphone di kisaran 40% dan 80% agar lebih tahan. Jangan sampai terlalu habis atau terlalu penuh.


10. Ada Masalah Hardware

Jika anda sudah menggunakan smartphone dengan lebih baterai friendly, namun smartphone anda masih tetap boros. Kemungkinan ada masalah pada hardwarenya. Hubungi servis center untuk memastikannya.

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Lainnya:

  • Matikan handphone android saat tidur.
  • Untuk android yang sudah marshmallow bisa aktfikan Doze mode.
  • Matikan fitur ‘Ok Google’.
Sebagai pencegahan kehabisan baterai ditengah jalan, selalu sediakan power bank untuk tetap terhubung dengan duniamu di smartphone. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait