12 April 2018

Sistem Udara Service Pada Instrumen Air Compressor

DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.com - Seperti halnya flow diagram pada sistem udara instrumen, sistem udara untuk service ini juga menggunakan peralatan - peralatan seperti inter cooler, air prefilter, separator dan receiver. Sedangkan alat - alat lainnya sperti air prefilter dan refrigerant air dryer todak digunakan pada udara service sebab udara yang dipakai untuk service tidak harus kering dari minyak maupun air.

TIPE KOMPRESOR SCREW


Tidak menggunakan udara kering untuk service ini selain biaya mahal, udara untuk service ini hanya dipakai untuk membersihkan bagian - bagian peralatan yang terkena debu.

Prinsip Kerja Sistem Udara Service

Udara luar yang bersuhu lebih kurang 27 derajat celcius masuk melalui intake filter karena diisap oleh kompressor, yang berjumlah 2 buah masing - masing berkapasitas 854 Nm3/jam dengan tekanan  pada sisi 9 kg/cm2g. Suhu kompresor sewaktu beroperasi sampai mencapai 130 derajat celcius. Kompresor ini digerakkan oleh motor 110 kW. Sebagai media pendingin kompresor digunakan air dari general service water yang bersuhu 38 derajat celcius dan mengalir rata - rata 7,2 m2 tiap jam. Kecepatan rata - rata pada tekanan normal 440 rpm.

Selanjutnya udara hasil kompresor tadi di dinginkan di after cooler (jumlahnya 2 buah) yang berkapasitas masing - masing 845 m3 tiap jam. Tujuan didinginkan ialah karena udara yang dihasilkan oleh kompresor ini bersuhu tinggi antara 80 - 130 derajat celcius dan dapat merusak peralatan yang menggunakan udara service. After cooler mampu menahan tekanan sampai 10 kg/cm2g sesuai dengan tekanan yang direncanakan.

Udara yang melalui cooler tersebut didinginkan dengan air yang berasal dari general service water yang bersuhu 40 derajat celcius. Dengan kapasitas aliran 9 m3 tiap jam.

Udara setelah melewati after cooler ditampung oleh suatu penampung yang disebut receiver (berjumlah 2 buah) yang berkapasitas 14,5 m3 yang sanggup menahan tekanan sebesar 10 kg/cm2g. Receiver ini adalah merupakan tanki persediaan bila suatu pesawat membutuhkan udara untuk service sudah tersedia pada receiver ini.

Sebelum udara ini dimanfaatkan dibersihkan dahulu dengan alat yang disebut separator agar etrhindar dari kotoran atau debu.

Sebagai contoh, udara service untuk PLTU Suralaya dimanfaatkan untuk :
- Basement dan peralatan dilantai dasar
- Desalination Plant
- Fuel oil storage lines
- Hydrogen plant extension
- Water treatment boiler
- Coal plant
- Spare
- Ash plant
- Diesel generator
- Fuel oil pump house
- BFP area
_ ID Fan, FD Fan, GR Fan, dan PA Fan

Artikel Terkait