ADS 11

Sistem Eksitasi Pada Generator

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Sistem Eksitasi adalah pemberian arus listrik untuk membuat kutub magnet pada generator. Dengan mengatur besar kecilnya arus listrik, dapat mengatur besar tegangan output generator atau dapat mengatur besar daya reaktif yang di inginkan pada generator yang sedang paralel dengan sistem jaringan besar (infinitive bus).

Operator Lokal sedang melakukan pengecekan pada Generator
Operator Lokal sedang melakukan pengecekan pada Generator 

JENIS - JENIS SISTEM EKSITASI

Jenis sistem eksitasi dibagi menjadi 3 bagian diantaranya sebagai berikut :

1. Sistem Eksitasi Statik
    Merupakan sistem eksitasi generator tersebut disuplai dari exciter yang bukan mesin bergerak, yaitu sistem penyearahan yang sumbernya disuplai dari output generator itu sendiri atau dari sumber lain dengan melalui transformator.

2. Sistem Eksitasi Dinamik
    Merupakan sistem eksitasi generator disuplai dari mesin yang bergerak, yang disebut dengan exciter. Biasanya exciter tersebut sebagai tenaga penggeraknya dipasang satu poros dengan generator.

3. Sistem Eksitasi Tanpa Sikat
    Merupakan sistem eksitasi tanpa sikat, yang maksudnya adalah pada sistem tersebut untuk menyalurkan arus eksitasi ke rotor generator utama, maupun untuk exciter eksitasi tanpa melalui media sikat arang.

Demikian penjelasi mengenai tentang sistem eksitasi pada generator. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Salam INSAN KELISTRIKAN

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistem Eksitasi Pada Generator"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel