Peranan Water Intake Plant Pada Pembangkit Listrik

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Water Intake merupakan suatu bangunan atau bagian yang berfungsi sebagai gerbang masuk pertama kali air laut untuk kebutuhan produksi. Water Intake berada dibibir pantai.

Water Intake Plant Pada Pembangkit Listrik
Water Intake Plant Pada Pembangkit Listrik

Water Intake memiliki berbagai peralatan dalam menunjang atau pendukung dalam kebutuhan produksi air, di antaranya sebagai berikut TBS (Traveling Bar Screen), Sea Water Pump, CWP (Circulating Water Pump), Chlorint Plant.

Air laut sebelum dipakai untuk kebutuhan produksi haruslah bersih dari kotoran atau sampah. Karena sampah bisa menyumbat pipa sehingga menghambat distribusi air dari water intake ke WTP dan ke unit untuk mendinginkan air di unit.

Maka dari itu, sebelum masuk ke TBS dipasang terlebih dahulu jaring buat penangkal pertama terhadap sampah. Untuk menangani sampah yang lolos dari jaring maka dipasanglah TBS (Travelling Bar Screen) yang berfungsi untuk menyaring sampah laut. Dan kerjanya TBS berputar secara vertikal. Ketika sampah menempel di screen akan disemprot dengan nozzle sehingga sampah atau kotoran dibuang atau jatuh.

Selain harus bersih dari sampah, air laut kebutuhan produksi harus di injeksi dengan chlorin yang berfungsi untuk memabukkan atau membunuh biota laut yang merusak pipa dan peralatan-peralatan. Karena, biota laut bisa mengakibatkan timbulnya plak pada pipa.dan peralatan yang bisa menghambat sirkulasi air. Dalam penginjeksian chlorin sudah ada kadar yang telah ditentukan.

Water Intake juga dilengkapi Sea Water Pump dan CWP (Circulating Water Pump) yang mayoritas besar berfungsi memompa air laut untuk di distribusikan ke WTP (Water Treatment Plant) dan unit.

No comments:

Powered by Blogger.