Skip to main content

Jenis - Jenis Limbah Sisa Pembakaran Batu Bara Pada Furnace

CEROBONG ASAP (STACK)

DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.com - Pada sistem pembangkit listrik tenaga uap ( PLTU ) khususnya berbahan bakar batu bara dalam proses pembakarannya batu bara akan menghasilkan sisa limbah yang berupa fly ash (debu) dan bottom ash (limbah padat).

Kedua jenis limbah tersebut harus mendapat penangganan atau perlakuan khusus agar tidak berdampak negatif dan hal serius pada lingkungan dan kesehatan masyarakat serta pekerja baik yang didalam kawasan maupun di luar kawasan pembangkit listrik.

Lalu, apa yang dimaskud dengan fly ash ?

Fly ash adalah sisa pembakaran batu bara yang berupa debu. Fly ash biasanya berwarna coklat dan berbentuk partikel - partikel yang kasat mata. Fly ash silo tidak langsung dibuang ke udara, melainkan akan ditangkap oleh ESP ( Electrostatic Precipitator). Setelah ditangkap lalu akan dikumpulkan atau ditampung dihopper setelah itu akan di distribusikan ke fly ash silo (tempat penampungan fly ash dari ESP).

Dan tidak semua debu dari sisa pembakaran batu bara (fly ash) tadi bisa ditangkap oleh ESP, melainkan ada juga yang lolos dan dibuang ke udara bebas. Perlu diketahui, dengan menggunakan ESP limbah debu sisa pembakaran batu bara hanya keluar dari cerobong sekitar 0,16 % (efektifitas penangkapan debu 99,84 %).

Mayoritas fly ash ditampung di ash yard (tempat penampungan fly ash dan bottom ash). Biasanya fly ash digunakan untuk campuran semen serta bahan pembuatan batako.

Hasil pembakaran batu bara bukan hanya menghasilkan sisa debu yang halus melainkan sisa yang kasar atau debu yang berat yang dinamakan dengan bottom ash. Jika fly ash ditangkap oleh ESP maka beda lagi dengan bottom ash. Bottom ash hanya di dinginkan di bottom ash cooller setelah itu ditampung di bottom ash silo. Bottom ash silo adalah tempat untuk menampung sisa pembakaran batu bara yang kasar.

Demikian penjelasan mengenai jenis - jenis sisa pembakaran batu bara pada furnace. Semoga bermanfaat.

Comments

Anonymous said…
mantap artikelnya
Admin said…
terima kasih gan

Popular posts from this blog

Apa itu Coal Handling System Pada PLTU ?

Apa itu AMR ?

Jaringan Distribusi Listrik

Proses Konversi Energi Pada PLTU

Potensi Bahaya Pada Boiler