Skip to main content

Jenis - Jenis Conveyor

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Conveyor adalah alat yang digunakan untuk memindahkan atau mentransportasikan barang atau media tertentu dari suatu tempat ke tempat lainnya secara kontinyu atau terus - menerus.

Pada pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batu bara, conveyor merupakan  alat utama dalam pembongkaran serta pengisian bahan bakar atau batu bara ke pembakaran didalam furnace. Akan tetapi saya akan membahas jenis - jenis conveyor secara umum yang ada di pasaran atau kegunaannya.


Belt Conveyor
Belt Conveyor


JENIS - JENIS CONVEYOR

Berikut ini beberapa jenis conveyor, diantaranya sebagai berikut :

1. Belt Conveyor. Merupakan alat angkut yang berfungsi untuk memindahkan material secara horizontal, dimana sabuk atau belt sebagai media hantarnya. Kelebihan dari belt conveyor adalah mampu mengangkut beban dengan kapsitas yang besar, tidak mahal, ringan, ramah lingkungan karena tidak menimbulkan kebisingan serta polusi udara.

Bagian - bagian dari belt conveyor diantaranya frame (rangka), bracket, idler, steering, pulley, motor conveyor

2. Chain Roller Conveyor. Merupakan jenis conveyor yang digerakkan dengan rantai. Fungsinya sama dengan belt conveyor. Penggunaan conveyor model ini biasanya pada lantai yang datar, menanjak bahkan sesuai dengan kecepatan.

Adapun bagian - bagian dari chain roller conveyor diantaranya frame (rangka), chain, roller single atau double teeth, dan motor penggerak.

3. Gravity Conveyor. Merupakan jenis conveyor yang penggeraknya menggunakan daya tarik bumi atau gravitasi bumi. Secara umum, conveyor jenis ini menggunakan roller sebagai media bantalan benda (obyek yang dipindahkan). Pada umumnya gravity conveyor digunakan di bidang yang landai atau miring.

4. Plate Base Roller Conveyor. Plate Base Roller Conveyor adalah roller conveyor yang menggunakan plate base, plate bordes sebagai tambahan diantara roller. Fungsi plate base atau plate bordes adalah untuk memperkuat frame.

Demikian penjelasan mengenai jenis - jenis conveyor. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Coal Handling System Pada PLTU ?

Apa itu AMR ?

Jaringan Distribusi Listrik

Proses Konversi Energi Pada PLTU

Potensi Bahaya Pada Boiler