ADS 11

Pengertian Dan Prinsip Kerja Sprinkler

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Mayoritas sebuah pembangkit listrik memiliki potensi bahaya terbakar yang sangat tinggi baik pada tempat kerja maupun keadaan sekitar yang yang berpotensi terjadinya kebakaran. Pada kesempatan kali kami akan membahas mengenai sprinkler.

Sprinkler kebakaran atau fire sprinkler merupakan komponen dari sistem sprinkler kebakaran (fire sprinkler system) yang berfungsi menyemburkan air ketika potensi kebakaran telah terdeteksi, dimana potensi kebakaran yang umum dideteksi adalah kenaikan suhu yang ditentukan telah terlampaui.



Gambar. Macam - macam jenis sprinkler


CARA KERJA SPRINKLER

Cara kerja sprinkler kebakaran sangat sederhana. Sprinkler merupakan titik pengeluaran saluran  air ataupun gas bertekanan yang dipasangi penyumbat (plug) dibagian ujungnya. Plug akan menahan aliran air atau gas dan akan bekerja mengeluarkan air atau gas saat suhu disekitarnya mencapai titik leleh tertentu. Plug juga merupakan sensor peka temperatur (heat-sensitive).


JENIS - JENIS PLUG SPRINKLER


Saat ini terdapat 2 jenis plug yang digunakan untuk sprinkler kebakaran, antara lain:

1. Fusible Alloy biasa disebut juga fusible link atau fusible metal, yaitu paduan metal yang akan meleleh pada suhu rendah, (dibawah suhu 150 °C atau 302 °F)

2. Heat-Sensitive Glass Bulb atau bola kaca peka panas, yaitu bola kaca akan pecah pada saat adanya kenaikan suhu tertentu yang menyebabkan terjadinya reaksi cairan di dalam bola kaca tersebut. 

Sprinkler kebakaran dapat diklasifikasikan berdasarkan suhu maksimum yang ditetapkan untuk sprinkler tersebut bekerja. Berikut adalah standarisasi NFPA13 2007 yang menunjukkan suhu batas maksimum, suhu operasi nominal sprinkler, warna bola atau fusible link dan klasifikasi suhu.

Tabel klasifikasi warna plug sprinkler


Suhu Operasi
Maksimum Suhu Ambiomt
Warna Bola Kaca
57 ° C (135 ° F)
27 ° C (80.6 ° F)
Orange
68 ° C (155 ° F)
38 ° C (100.4 ° F)
Merah
79 ° C (175 ° F)
49 ° C (120.2 ° F)
Kuning
93 ° C (200 ° F)
63 ° C (145.4 ° F)
Hijau
141 ° C (288 ° F)
111 ° C (231.8 ° F)
Biru
  
Demikian penjelasan mengenai sprinkler kebakaran. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca semua. Baca juga : Pengertian dan cara kerja turbin air.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Prinsip Kerja Sprinkler"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel