ADS 11

Pengertian dan Prinsip Kerja Gland Seal Fan

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Gland seal fan adalah peralatan yang berfungsi sebagai perapat poros turbin, hal ini dilakukan guna mengurangi kebocoran udara akan yang masuk ke turbin begitupun uap yang akan keluar ke atsmosfer.

Gland seal condensor berfungsi juga sebagai penukar panas/pemanas awal pada air kondensat dengan memanfaatkan uap bekas perapat poros sebagai media pemanasnya.



Gambar. Siklus PLTU


PRINSIP KERJA GLAND SEAL CONDENSOR

Gland seal condensor bekerja memanfaatkan uap (steam) sebagai perapat poros yang melalui labirin-labirin pada shaft turbin. Uap bekas perapat (gland heater), didalam gland heater terjadi proses pengembunan uap bekas perapat poros dengan memanfaatkan air kondensat yang dipompakan dengan CEP, kemudian uap yang berubah menjadi air dialirkan kembali menuju kondensor (hotwell) dan gas yang tidak terkondensasi dibuang melalui gland seal fan.


FUNGSI UTAMA GLAND SEAL FAN

Gland seal condensor berfungsi mengurangi kebocoran uap, khususnya pada celah shaft mengurangi masuknya udara ke dalam turbin begitupun uap yang akan keluar ke atmosfer.


PERALATAN PADA SISTEM GLAND SEAL

- Gland steam heater, berfungsi sebagai ruang kondensasi bekas uap perapat
- Stabilized pressure tank, berfungsi menstabilkan pressure uap perapat sebelum masuk ke dalam labirin
- Gland seal fan, berfungsi memvakumkan ruang pada gland steam heater


Demikian penjelasan mengenai gland seal fan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Baca juga : Tipe - tipe boiler pada pembangkit listrik

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan Prinsip Kerja Gland Seal Fan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel