25 February 2018

Faktor Penyebab Blocking Pada Area Line Pengisian Batu Bara

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada pembangkit listrik tenaga uap batu bara adalah bahan utama dalam mendukung memproduksi listrik. Dalam proses pengisian batu bara ke furnace unit bukanlah semudah membalikkan telapak tangan kita.



Gambar. Batu bara


Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai faktor apa saja yang menyebabkan blocking pada line proses pengisian batu bara ke unit antara lain sebagai berikut :

1. Kondisi batu bara basah. Kondisi beginilah sangat riskan terhadap blocking pada peralatan. Batu bara basah akan terus melengket dan mengeras di dinding-dinding peralatan line pengisian batu bara ke unit.

2. Cuaca tidak menentu.

3. Ukuran batu bara yang terlalu besar. Dengan ukuran batu bara yang besar akan menghambat aliran batu bara jatuh ke mesin penghancur batu bara (crusher).

4. Peralatan yang abnormal. Tidak menutup kemungkinan peralatan bekerja dengan performa yang tinggi melainkan ada saatnya perlatan sakit atau membutuhkan maintenance agar peralatan tidak cepat rusak.

5. Kurangnya pengecekan kondisi peralatan sesuai instruksi kerja oleh operator lokal.

Demikan penjelasan mengenai faktor - faktor yang menyebabkan blocking pada peralatan line pengisian batu bataa untuk menyediakan suplai bahan bakar unit (furnace). Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait