ADS 11

Pengertian Transformator Step Up Dan Step Down | Dunia Pembangkit Listrik

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini saya akan  membahas mengenai Transformator. Lalu apa pengertian dari transformator itu sendiri ?


Gambar. Transformator



Transformator atau transformer atau trafo merupakan suatu alat atau komponen elektromagnet yang dapat mengubah taraf suatu tegangan AC ke taraf yang lain.


JENIS-JENIS TRANSFORMATOR


Step-Up




Gambar. Lambang Transformator Step Up
Transformator step-up adalah transformator yang memiliki lilitan sekunder lebih banyak daripada lilitan primer, sehingga berfungsi sebagai penaik tegangan. Transformator ini biasa ditemui pada pembangkit tenaga listrik sebagai penaik tegangan yang dihasilkan generator menjadi tegangan tinggi yang digunakan dalam transmisi jarak jauh.










Step-Down




Gambar. Lambang Transformator Step Down
Transformator step-down memiliki lilitan sekunder lebih sedikit daripada lilitan primer, sehingga berfungsi sebagai penurun tegangan. Transformator jenis ini sangat mudah ditemui, terutama dalam adaptor AC-DC.

 Sesuai dengan fungsi kegunaannya maka trafo terbagi ke dalam beberapa jenis :
  • Trafo step up/down untuk menaikkan atau menurunkan tegangan.
  • Trafo adaptor untuk mengubah tegangan dari arus AC ke arus DC.

PRINSIP KERJA


Transformator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik. Tegangan masukan bolak-balik yang membentangi primer menimbulkan fluks magnet yang idealnya semua bersambung dengan lilitan sekunder. Fluks bolak-balik ini menginduksikan GGL dalam lilitan sekunder. Jika efisiensi sempurna, semua daya pada lilitan primer akan dilimpahkan ke lilitan sekunder.

untuk mencari besar tegangan, banyak lilitan = 

 \frac{V_p}{V_s}=\frac{N_p}{N_s}        V_p\,I_p=V_s\,I_s

EFISIENSI

Efisiensi transformator dapat diketahui dengan rumus \eta=\frac{P_o}{P_i}\,100% Karena adanya kerugian pada transformator. Maka efisiensi transformator tidak dapat mencapai 100%.

Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Saran dan kritik silahkan klik di sini. Baca juga : Pengertian Besaran - Besaran Dalam Kelistrikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Transformator Step Up Dan Step Down | Dunia Pembangkit Listrik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel