24 December 2017

Pengertian Dan Prinsip Kerja Sensor Proximity Induktif | Dunia Pembangkit Listrik

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Sensor proximity induktif adalah sebuah sensor yang dapat mendeteksi objek logam saja, pendeteksian tersebut dilakukan tanpa harus menyentuh objek logam tersebut. Sensor ini terdiri dari inti ferrit (Coil), sebuah osilator dan detektor pemicu sinyal serta rangkaian keluaran dari sensor tersebut.

Kontruksi Sensor Proximity Induktif

Prinsip Kerja

Sensor proximity induktif dengan memancarkan gelombang elektromagnetik dan mendeteksi perubahan bentuk gelombang elektromagnetik tersebut saat sensor mendeteksi logam dan akan menghasilkan output yang selanjutnya akan diproses oleh kontroler.

Sensor akan mendeteksi objek logam pada jarak tertentu sesuai spesifikasi dari sensor tersebut. Saat sensor mendeteksi keberadaan objek logam maka akan terjadi perubahan bentuk sinyal yang mengakibatkan hilangnya energi dan mengakibatkan amplitudo yang kecil pada osilasi sehingga akan memicu trigger circuit  dan memberikan output pada sensor tersebut. 

Cara Kerja Sensor Proximity Induktif

Kelebihan

Sensor proximity induktif memiliki kelebihan yaitu:

  1. Karena tidak adanya sentuhan antara sensor dengan objek maka dapat menghindari kerusakan baik pada sensor maupun objek.
  2. Tidak adanya kontak yang digunakan untuk output karena sensor ini menggunakan semikonduktor untuk output sehingga masa pakai sensor ini lebih lama.
  3. Sensor ini cocok digunakan untuk pendeteksian pada lokasi yang memiliki banyak kandungan air atau minyak
  4. Memberikan respon yang memiliki kecepatan tinggi dibanding saklar yang membutuhkan kontak fisik dalam pendeteksiannya.
  5. Proximity mendeteksi perubahan fisik suatu objek, sehingga dalam pendeteksiannya sensor tersebut hampir tidak terpengaruh oleh warna.
Kekurangan

Sementara kekurangan dari sensor ini adalah

  1. Jarak sensing yang pendek, umumnya hanya berkisar pada milimeter saja.
  2. Ukuran, bentuk dan jenis logam mempengaruhi kemampuan sensing sensor ini
Demikian penjelasan tentang pengertian dan prinsip kerja sensor proximity induktif. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga : Pengertian Transformator Step Up Dan Step Down

Artikel Terkait