10 November 2017

Pengertian Rangkaian Seri, Paralel Dan Paralel | Dunia Pembangkit Listrik

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini Dunia Kurikulum akan membahas mengenai Rangkaian Listrik Paralel dan Seri. Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu rangkaian listrik? Rangkaian listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu. 

Komponen sebuah rangkaian listrik atau rangkaian elektronik dapat dihubungkan dengan berbagai cara. Dua tipe paling sederhana adalah rangkaian seri dan parallel. Rangkaian yang disusun secara sejajar disebut rangkaian seri, sedangkan rangkaian yang disusun secara berderet disebut rangkaian paralel.


1. Rangkaian Seri
Rangkaian seri adalah rangkaian alat-alat listrik yang disusun berurutan tanpa cabang. Perhatikan gambar rangkaian seri di bawah ini! 

Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran
Gambar Rangkaian Listrik Seri

Berdasarkan contoh rangkaian seri di atas, maka ciri-ciri rangkaian seri adalah sebagai berikut.
  1. Arus listrik mengalir tanpa melalui cabangArus listrik yang mengalir melalui lampu 1 melalui lampu 2, demikian pula yang melalui baterai 1 dan baterai 2.
  2. Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak maka arus listrik akan putus.

2. Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel adalah rangkaian alat-alat listrik yang dihubungkan secara berjajar dengan satu atau beberapa cabang. Alat listrik yang dapat dirangkai secara paralel adalah lampu dan baterainya. Perhatikan gambar rangkaian paralel di bawah ini!

a Lampu disusun paralel 

Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran
Gambar Rangkaian Listrik Paralel dengan Lampu disusun Paralel

b Baterai disusun paralel
Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran
Gambar Rangkaian Listrik Paralel dengan Baterai disusun Paralel

Berdasarkan contoh di atas maka ciri-ciri rangkaian paralel sebagai berikut.
  1. Arus mengalir melalui satu cabang atau lebih. Arus listrik yang melalui lampu 1 atau baterai 1 tidak melalui lampu 2 atau baterai 2.
  2. Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak arus listrtik akan tetap mengalir melalui cabang yang lain. Rangkaian listrik di rumah kita dipasang secara paralel, sehingga jika salah satu lampu dipadamkan lampu yang lainnya tetap menyala.


3. Rangkaian Campuran

Rangkaian campuran adalah rangkaian perpaduan antara rangkaian seri dan parallel. Perhatikan contoh rangkaian campuran berikut!

Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran
Gambar Rangkaian Listrik Campuran

Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran, semoga bermanfaat serta menambah cakrawala pengetahuan sains kita. Maju Terus Pendidikan Indonesia.

Artikel Terkait