18 November 2017

Pengertian Dan Prinsip Kerja Compressor Tipe Screw | Dunia Pembangkit Listrik

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kompressor tipe screw pada pembangkit listrik. Lalu apa yang dimaksud dengan kompressor ? Mari dengan seksama kita menyimak penjelasan dibawah ini.

Apa yang dimaksud dengan kompressor ? Kompressor adalah suatu alat yang berfungsi untuk menghisap udara luar dan menaikkan tekanannya sehingga mencapai tekanan tertentu. Pada umumnya kompressor banyak memliki macam jenis tipe diantaranya pada gambar dibawah ini :


Gambar. Tipe Kompressor
Disini saya tidak akan membahas semua tipe kompessor tetapi, saya akan membahas salah satu jenis kompressor yaitu kompressor tipe screw.


PRINSIP KERJA KOMPRESSOR TIPE SCREW

Prinsip kerja dari compressor tipe screw adalah sebagai berikut : 

Duah buah screw dipasang sautu rumah ( casing), kemudian berputar berlawanan arah dengan penggerak sebuah motor listrik. Dengan berputarnya screw tersebut maka udara luar  akan terhisap  dan masuk ke celah-celah screw dan terus mengalir disertai tekanan yang meningkat.


SISTEM KOMPRESSOR TIPE SCREW

1. Udara luar masuk ke dalam filter kemudian masuk ke elemen ( screw ) kompressor.

2. Dibagian screw udara akan didorong diantara celah masing-masing blade screw. Minyak pelumas akan diberikan dengan cara di semprotkan dalam chamber. Untuk menurunkan suhu dan melumasi elemen (screw ).

3. Minyak pelumas dan udara kompresi akana di teruskan ke filter minyak ( oil separator ).

4. Didalam oil separator , udara akan terpisah dengan minyak, minyak akan terkumpul di tangki yang nantinya  akan digunakan kembali.

5. Udara di kontrol pada tekanan tertentu oleh valve, kemudian udara kompresi akan mengalir ke after cooler.

6. Setelah melewati after cooler suhu udara akan turun dan kemudian digunakan untuk berbagai keperluan. Baca juga : Proses Konversi Energi Pada PLTU


PERALATAN UTAMA PADA KOMPRESSOR

1. Breaker utama kompressor
2. Motor kompressor
3. Screw
4. Filter
5. Separator
6. Cooler
7. Dryer
8. Receifer tank


ALAT UKUR PADA KOMPRESSOR

a. Pressure

Pressure berfungssi untuk mengetahui tekanan kerja udara kompressor sehingga kita dapat mengetahui kinerja dari kompressor, selain itu dapat mengetahui jumlah pemakaian serta dapat mengetahui juga kapaan loading dan unloading kompressor.

b. Temperature

Temperature berfungsi untuk mengetahui suhu screw minyak pelumas dan motor. Sehingga dengan diketahui temperature dari komponen kompressor dapat segera dilakukan tindakan preventiveterhadap kompressor.

Demikian yang bisa saya paparkan mengenai kompressor tipe screw. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Saran dan kritik silahkan klik di sini. Baca juga : Sistem Coal Handling System Pada PLTU

Artikel Terkait