ADS 11

DERATING | Dunia Pembangkit Listrik

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Derating terjadi apabila daya keluaran (MW) unit kurang dari DMN-nya. Derating digolongkan menjadi beberapa kategori yang berbeda. Derating mulai ketika unit tidak mampu untuk mencapai 98% DMN dan lebih lama dari 30 (tiga puluh) menit. Derating berakhir ketika peralatan yang menyebabkan derating tersebut kembali normal dan dapat memenuhi perintah dispatch. Kapasitas yang tersedia didasarkan pada keluaran unit dan bukan pada instruksi dispacth.

Semua derating lebih besar dari 2% DMN meskipun kurang dari 30 menit atau lebih kecil dari 2% tetapi lebih dari 30 menit harus dilaporkan ke P3B. Sebagai contoh, suatu derate 10% dari DMN tetapi berlangsung 10 menit harus dilaporkan ke P3B; suatu derate 1% dari DMN tetapi berlangsung 6 (enam) jam harus dilaporkan ke P3B. Derating jenis ini tidak diperhitungkan dalam transaksi tenaga listrik, tetapi akan digunakan sebagai data operasional.



Gambar. Siklus PLTU



- PD (Planned Derating)  adalah derating yang dijadwalkan dan durasinya sudah ditentukan sebelumnya dalam rencana tahunan/bulanan pemeliharaan pembangkit. Derating berkala untuk pengujian, seperti test klep turbin mingguan, bukan merupakan PD, tetapi MD. 


- MD (Maintenance Derating)  adalah derating yang dapat ditunda melampaui akhir periode operasi mingguan (Kamis, pukul 24:00 WIB) tetapi memerlukan pengurangan kapasitas sebelum PO berikutnya. MD harus dijadwalkan dalam rencana mingguan (ROM). 



- DE (Derating Extension)  adalah perpanjangan dari PD atau MD yang melampaui tanggal penyelesaian yang diperkirakan. DE hanya digunakan apabila lingkup pekerjaan awal memerlukan waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaannya dibanding waktu yang telah dijadwalkan.


DE tidak digunakan dalam kejadian dimana ada keterlambatan atau permasalahan tak diduga diluar lingkup pekerjaan awal sehingga unit tersebut tidak mampu untuk mencapai beban penuh setelah akhir tanggal PD atau MD yang diperkirakan. DE harus mulai pada waktu (bulan/hari/jam/menit) saat PD atau MD direncanakan berakhir. 


- MDE (Maintenance Derating Extension) adalah pemeliharaan lanjutan yang mengakibatkan derating, sebagai lanjutan Maintenance Derating (MD) yang tidak bisa selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ini artinya bahwa di awal Peristiwa MDE, derate mempunyai waktu pekerjaan yang diperkirakan dan termasuk tanggal unit untuk kembali operasi.


Semua pekerjaan sepanjang MDE dijadwalkan (bagian dari lingkup pekerjaan awal) dan semua perbaikan ditentukan sebelum MDE mulai (diajukan ke P3B pada saat MD masih berlangsung paling lambat dalam rencana operasi harian sebelum jam 14:00 WIB). MDE hanya dapat dilakukan sekali dalam periode tersebut, setelah itu menjadi FD.  



  Baca juga : Pengertian, Fungsi Dan Jenis - Jenis Dioda



- PDE (Planned Derating Extension)  suatu outage lanjutan yang direncanakan sebagai perluasan dari Planned Derating (PD) yang tidak bisa selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ini berarti bahwa di awal PDE, jangka waktunya telah diperkirakan dan tanggal unit untuk kembali operasi juga telah ditetapkan.

Semua pekerjaan sepanjang PDE adalah bagian dari lingkup pekerjaan awal dan semua perbaikan ditentukan sebelum PDE mulai (diajukan ke P3B pada saat PD masih berlangsung, paling akhir pada periode mingguan hari Rabu jam 14:00 WIB, apabila hari Rabu merupakan hari libur maka pengajuan PDE dilakukan hari kerja sebelumnya). PDE hanya dapat dilakukan sekali dalam periode tersebut, setelah itu menjadi FD.


FD (Forced Derating) dibagi 3 antara lain sebagai berikut :


1.) FD1 (Forced Derating Immediate)  adalah derating yang memerlukan penurunan kapasitas segera (tidak dapat ditunda).

2). FD2 (Forced Derating Delayed)  adalah derating yang tidak memerlukan suatu penurunan kapasitas segera tetapi memerlukan penurunan dalam dalam waktu 6 (enam) jam.

3.) FD3 (Forced Derating Postponed) adalah derating yang dapat ditunda lebih dari 6 (enam) jam. 



Baca juga : Heboh GIF Porno Di Whatsapp, Jangan Khawatir, Ini Cara Menonaktifkannya | Republik SOSMED INDONESIA


Demikian yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat. Saran dan kritik silahkan klik di sini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel