ADS 11

Cara Membaca Kode Bearing | Dunia Pembangkit Listrik

Gambar. Ilustrasi Bearing

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Bearing atau laher adalah komponen lingkaran logam baja bersama bola-bola dan batang-batang  kecil di dalamnya. Bila nggak ada alat ini, roda bisa saja berputar tapi seret dan hanya sebentar akan panas. Makanya wajib fungsi laher sebagai bantalan untuk perantara pada benda berputar yang juga diubah jadi gerak pada motor.
Sebagai bahan pengetahuan silakan baca terus.  Kode nomor dan huruf itu bukan untuk togel, tapi bisa bagai patokan untuk komponen mesin seperti laher kruk-as dan bagian luar seperti roda, misalnya. Sebab, kode laher telah sesuai dengan ISO (International Standard Organisation). Makanya kata toko sebelah, yang penting ada nomor kodenya, nggak akan salah beli laher.

Pada dinding lingkaran bearing misalnya tertera 6301 RSI/C3 MT47.  Amati baik-baik angka 6 (enam) dari 6301 tadi sebagai type ball bearing. Sedang angka 3 = Menunjukan dimensi (diameter, tebal, dan tinggi ). Lalu 01 = ukuran lingkar dalam bearing (00 memiliki nilai lingkar dalam 10 mm, 01 (12 mm), 02 (15 mm), 03 (17 mm), 04 (20 mm), 05 (25 mm). Berarti yang tertera dalam angka tadi adalah 12 mm lingkar dalamnya.



Gambar. Cara Membaca Kode Bearing


Sedang  RS = rubber seal (penutup karet).  C3 = (kerenggan antara bola bearing dan bantalan bearing). Satuan kerenggangan atau clearance adalah micron, 1 micron sama dengan 1/1000 mm. MT = medium temperatur
Sedangkan arti dari detilnya seperti  RS = rubber seal (bearing ditutup sil atau karet), Z = laher tertutup pelat, 2RS  = double rubber seal (tertutup depan-belakang karet ), 2Z= double pelat ( tertutup depan-belakang dengan seng), C = clearance ball bearing  (jarak antara bola bearing dan bantalan bearing) semakin besar angka di belakang C kian  besar tingkat kerenggangannya atau jaraknya. Contoh C3, C4, C5.

Untuk komsumsi pada mesin motor balap,  memiliki kerenggangan besar. 
Contohnya laher racing model  C5 yang mengandung arti agar ball laher pada saat memuai masih aman. Bola-bola dan bantalannya tak akan macet. Memang rada kasar bunyinya, tapi aman. Sebab mesin balap bekerja pada rpm dan temperatur tinggi. 
Begitu dulu sementara nanti dilengkapi kode-kede lainnya pad laher. MM

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai cara membaca kode bearing. Semoga bisa bermanfaat. Saran dan kritik klik di sini. Baca juga : Pengertian Pressure Gauge.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membaca Kode Bearing | Dunia Pembangkit Listrik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel