Skip to main content

SENSOR PROXIMITY | Dunia Pembangkit Listrik

Sensor proximity adalah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi ada atau tidaknya suatu objek. Sensor ini dalam dunia robot digunakan sebagai pendeteksi ada atau tidaknya suatu garis pembimbing gerak robot yang biasa disebut dengan “ Line Follower Robot “ atau “ Line Tracer Robot “. Karakterisitik dari sensor ini adalah mendeteksi objek benda dengan jarak yang cukup dekat yaitu 1 mm sampai beberapa cm saja tergantung jenisnya. Sensor ini mempunyai tegangan kerja antara 10 – 30 Vdc dan ada pula yang menggunakan tegangan 100 – 200 VAC.

Gambar Sensor Proximity

Gambar Sensor Proximity

Prinsip Kerja

Sensor ini memanfaatkan sifat cahaya yang akan dipantulkan jika mengenai benda berwarna terang dan akan diserap apabila mengenai benda berwarna gelap. Sumber cahaya yang digunakan adalah LED yang akan memancarkan cahaya merah dan yang bertindak sebagai penangkap cahaya LED adalah photodioda. Jika sensor berada di garis hitam maka photodioda akan sedikit menerima pantulan cahaya, sebaliknya jika sensor berada di garis putih maka photodioda akan banyak menerima pantulan cahaya.
Jenis

1.Proximity Inductive
Berfungsi untuk mendeteksi objek besi.

2.Proximity Capacitive
Berfungsi mendeteksi semua objek baik metal maupun non – metal.
Jarak Diteksi

RVP2
Adalah jarak dari posisi yang terbaca dan tidak terbaca sensor untuk operasi kerjanya. Mengatur jarak dari permukaan sensor memungkinkan sensor lebih stabil dalam pengoperasiannya. Posisi objek sensing transit ini adalah sekitar 70% – 80% dari jarak normal sensing.
RVP3
Sementara itu untuk nilai output dari proximity switch ada 3, yaitu seperti gambar dibawah ini :


RVP4
Output 2 Kabel VDC
RVP5
Output 3 dan 4 Kabel VDC
RVP6
Output 2 Kabel VAC

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Coal Handling System Pada PLTU ?

Apa itu AMR ?

Jaringan Distribusi Listrik

Proses Konversi Energi Pada PLTU

Potensi Bahaya Pada Boiler