BLANTERWISDOM101

PENGERTIAN ARUS LISTRIK AC DAN DC

25 October 2017
Gambar. Ilustrasi

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Listrik merupakan energi yang dapat disalurkan melalui penghantar berupa kabel. Adanyan arus listrik dikarenakan muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

Dalam kehidupan sehari-hari listrik memiliki peran yang sangat penting selain digunakan sebagai penerangan juga sumber energi untuk tenaga dan hiburan.

Arus listrik terbagi menjadi 2 jenis yaitu arus listrik AC dan arus listrik DC. Mari kita ulas satu persatu tentang apa itu arus listrik AC dan DC ???


PENGERTIAN ARUS LISTRIK AC (Alternating Current)

Merupakan listrik yang besarnya dan arah arusnya selalu berubah-ubah atau bolak - balik. Arus AC akan membentuk suatu gelombang yang dinamakan gelombang sinus atau sinusioda.

Contoh pemakaian arus listrik AC seperti barang - barang yang ada dirumah yang menggunakan listrik PLN seperti mesin cuci, lampu, pompa air AC, pendingin ruangan, kompor listrik, dll


Gambar. Pemanfaatan tegangan listrik AC dan DC

Baca juga : Pengertian Terminal Block


PENGERTIAN ARUS LISTRIK DC (Direct Current)

Meruapakan arus listrik searah. Pada awalnya aliran arus pada listrik DC dikatakan mengalir dari ujung positif menuju ke ujung negatif.

Pemanfaatan listrik DC

Biasanya diguanakan untuk perangkat elektronika. Beberapa beban elektronika yang menggunakan aruts listrik DC antara lain : lampu LED (Light Emiting Diode), laptop, TV, radio, dll.


Sekian, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Salam NGE-Blog

Share This :
Agus Prasetiyo

Perkenalkan saya AGUS PRASETIYO. Saya bekerja di Unit Jasa Pembangkit PT. Indonesia Power PLTU BARRU 2 x 50 MW Sulawesi Selatan. Blogging adalah salah satu hobi saya. Dunia Pembangkit Listrik adalah blog yang berisi materi yang saya dapatkan selama bekerja di salah satu anak perusahaan PLN.