Skip to main content

Metode FIFO Dalam Sistem Pergudangan

Berbicara sistem pergudangan di pembangkit tidak jauh dari kata gudang.Dan gudang identik dengan penyimpanan, pengambilan dan persediaan barang. Bukan hanya di pembangkit tapi hampir mayoritas semua instansi yang berkecimpung produksi maupun supplier pasti ada gudang seperti pabrik motor, konveksi, tekstil, apotek, dll.


Gambar. ilustrasi history barang


Dalam menjalankan sistem pergudangan ada beberapa metode managemen yang dijalankan. Metode tersebut berdasarkan history barang, sifat barang, wujud barang, bahkan persediaan barang tersebut didalam gudang.


Bukan hanya sebagai penerima, penyimpanan bahkan mengeluarkan barang saja tetapi gudang juga harus tahu bagaimana penangganan atau metode perlakuan barang. Agar barang tersebut tidak cepat rusak dan lama penyimpanannya. Serta mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan nama yang sama tidak tercampur dengan barnag lainnya.


Nah, mari kita perdalam lagi mengenai sistem managemen gudang dengan metode FIFO. Metode FIFO merupakan metode yang sangat populer dalam sistem pergudangan.


METODE FIFO (FIRST IN FIRST OUT)

   
Merupakan metode barang yang pertama masuk akan keluar duluan dari gudang.Sehingga secara sederhana kita gambarkan barang keluar akan sesuai dengan urutan ketika barang masuk.


Metode FIFO adalah solusi terbaik ketika Anda berhadapan dengan persediaan yang memiliki masa kadaluarsa. Barang yang diterima lebih dulu tentu memiliki tanggal kadaluarsa lebih awal dari barang yang diterima belakangan. Metode FIFO bisa memberikan kepastian akan kualitas produk yang tersimpan dalam gudang.


Untuk mengefektifkan metode FIFO ini, Anda perlu menata gudang Anda secara metode FIFO. Artinya setiap barang yang masuk akan di listing pada daftar terbawah, terdata baik tanggal masuk, kuantitas dan tanggal kadaluarsanya. Kemudian barang disimpan dalam gudang pada urutan terbelakang. Setiap pengambilan barang secara otomatis barang simpanan di belakangnya akan maju dan menjadi waiting list pertama. Ketika barang waiting list pertama ini keluar dari gudang, maka kembali barang dibelakangnya maju, begitu seterusnya.

Dengan metode FIFO diharapkan tiodak terjadi penumpukan persediaan barang serta tidk merusak barang gudang akibar lama penyimpanan (over load penyimpanan baik tempat maupun waktu) serta terkendali dalam managemen barang gudang.

Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Coal Handling System Pada PLTU ?

Apa itu AMR ?

Jaringan Distribusi Listrik

Proses Konversi Energi Pada PLTU

Potensi Bahaya Pada Boiler