29 September 2017

Pressure Gauge

Secara sederhana Pressure Gauge dapat didefinisikan suatu alat untuk membaca tekanan dengan pengamatan langsung.

Kalau dalam bahasa detail dan formal, Pressure Gauge adalah suatu Field Instrument untuk mengukur Pressure (Psig/Bar) dengan pengamatan direct reading measurement type. Untuk contoh spesifikasinya bisa dilihat pada datasheet di bawah.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Biasanya pressure gauge menggunakan elemen sensing yaitu berupa Bourdon Tube. Tekanan (Pressure) masuk melalui Bourdon Tube kemudian memutar jarum secara mekanik pada Pressure Gauge.

Bagaimana Instalasinya?

Cara instalasi bisa dilihat pada gambar Hook Up Pressure Gauge di bawah. Biasanya ditambahi multiport valve (2-way Manifold) sebagai item tambahan. Untuk keadaan khusus yaitu dengan fluida korosif, biasanya ditambahkan “seal” sebagai item tambahan untuk melindungi Pressure Gauge dari korosi.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk membeli Pressure Gauge?

Umumnya hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembelian pressure gauge adalah Material yang digunakan, Rating Pressure Gauge mengikuti Pipa/Vessel dan Pressure Gauge Range of Measurement.

Bagaimana Cara Mengkalibrasinya?

Cara sederhana untuk mengkalibrasi adalah dengan menghubungkan dengan tubing antara Pressure Gauge (terbeli), Pompa Tangan dan Pressure Gauge (Refference).

Artikel Terkait