Skip to main content

Apa Itu Sistem Pelumasan ?

BLOG'S DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pelumasan adalah suatu rangkaian kerja yang bertujuan mengurangi gaya gesekan antara dua material yang bersentuhan dengan memberikan selaput pelumas diantara dua permukaan benda tersebut.


PRINSIP DASAR PELUMASAN
Prinsip dasar dalam pelumasan sebenarnya adalah mengurangi gesekan antara dua material di mana gesekan tersebut selalu menimbulkan gaya yang berlawanan sehingga terjadi kenaikan temperatur yang akan mengakibatkan keausan atau tergerusnya material, dengan penyisipan pelumas pada dua material tersebut akan menghindari kontak langsung sehingga laju dari dampak gesekan bisa dikurang.

 PEMBAGIAN PRINSIP PELUMASAN
1. Pelumasan batas
  pelapisan pelumas yang tipis dengan beberapa titik pada permukaan benda (material) yang masih
  bersentuhan. Contohnya pada gear, bearing dengan bantalan peluru, dll.
2. Pelumasan Film
Pelapisan pelumas dengan pemberian pelumas yang tebal antara dua benda tidak ada
permukaanyang bersentuhan sehingga benda yang dilumasi seperti melayang contohnya
pada bearing poros turbin uap.
 

FUNGSI PELUMAS
  
Mengurangi gesekan

       Mengurangi gesekan antara material yang bersentuhan
Pendingin
Pelumas menyerap panas yang dihasilkan akibat gesekan material lalu kemudian dibuang pada sistem pendingin (pertukaran kalor)
Perapat
pelumas sebagai perapat poros, seperti mencegah kebocoran hydroen pada alternator ke uadara bebas
Mengurangi laju korosi
 Pelumas membentuk lapisan pelindung pada logam agar zat penyebab korosi tidak kontak langsung dengan logam
Peredam kejut
Pelumas memperkecil benturan antara dua material akibat beban kejut sehingga material tidak bergetar dan noise (ribut)
Kontrol
Pelumas masuk ke dalam sistem katup hidrolik menjadi penggerak katup uap utama ataupun governor yang diatur dengan selenoid


 JENIS PELUMAS
 
Pelumas cair
Pelumas yang mencair pada suhu ruangan,tidak berbentuk khusus, mudah dituang dan menempati wadah aeperti minyak pelumas atau oli
Pelumas semi padat
Pelumas yang akan mencair jika suhu naik dan menjadi kental jika suhu turun contohnya grease
Pelumas padat
pelumas yang umumnya berbentuk butiran butiran digunakan pada empeatur yg lebih tinggi dari penggunaan di atas namun cara menggunakannya sama dengan grease. Contohnya grafit dan molybdenum disulfide


 KARAKTERISTIK PELUMAS


Viskositas
Tingkat kekentalan suatu pelumas,atau kemampuan cairan untuk mengalir
Indek viskositas
Tingkat perubahan kekentalan pelumas berkaitan dengan variasi suhu
Titik tuang
perkiraan temperatur terendah dimana pelumas dapat mengalir tanpa dorongan ke inlet pompa (dampak buruk akan membuat kausan)
Titik nyala
Temperatur pelumas terpanasi sebelum menyala
Titik bakar
Temperatur yang lebih tinggi dari titik nyala yang membuat oli terbakar
 
 KOMPONEN SISTEM PELUMASAN
     1.Main oil Tank
Sebagai penampung minyak pelumas
2.Oil Pump
  - Main oil pump
  - Hp Oil Pump
  - Turbo Oil Pump
  - AC oil Pump
  - DC emergency pump
  - Jacking oil pump
3.Oil Purifier
 untuk membuang air dan kotoran yang terkandung pada pelumas
4.Akumulator
Berfungsi menstabilkan tekanan pelumas khusunya ketika terjadi perubahan posisi pada governor dan main stop valve
5.Striner 4 buah masing-masing untuk control oil,   lubricating oil, return oil, dan untuk flushing ( temporary).
6.Oil cooler
Mendinginkan pelumas agar Viskositas pelumas terjaga
7.Oil gas extraktor
berfungsi membuang gas – gas dan membuang udara panas pada MOT
8.Detektor suhu, detektor tekanan, detektor level
untuk mengukur parameter  agar masih bekerja pada range standart




Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Coal Handling System Pada PLTU ?

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK- Pada PLTU berbahan bakar batu bara memerlukan devisi atau bagian unit kerja yang menangani hal tersebut yang disebut Coal Handling System.



Coal handling system adalah sistem yang menangani batu bara dalam suatu PLTU berbahan bakar batu bara. Didalam coal handling system diperlukan dengan berbagai macam peralatan utama maupun pendukung serta proteksi untuk menunjang aktivitas kerjanya.

Coal handling system terdiri dari 3 bagian area antara lain:
1. Unloading Area
    Seperti : dermaga, dermaga SU, SPJ (Semi Permanen Jetty), SPOJ (Semi Permanen Oil Jetty)
2. Coal Stock Area
   Seperti stacker, reclaimer, teleschopic, underground
3. Coal Bunker Unit

PERALATAN UTAMA COAL HANDLING SYSTEM.

• Belt Conveyor adalah suatu alat yang digunakan untuk mentransportasikan batu bara dari unloading area ke coal bunker. Belt conveyor memiliki peralatan utama diantaranya sebagai berikut:
a. Motor belt conveyor : sebagai penggerak utama belt conveyor.
  - fluid coupling sebagai pen…

Apa itu AMR ?

Duniapembangkitlistrik.blogspot.com - AutomaticMeterReading (AMR) merupakan salah satu solusi untuk bidang elektronika dalam melakukan pembacaan dan pemakaian energi listrik. Dimana pemakai Automatic Meter Reading (AMR) dapat memonitoring pemakaian daya listrik. Dalam pengoperasiannya sistem Automatic Meter Reading (AMR) melakukan pembacaan energi listrik dengan cara menurunkan terlebih dahulu tegangan listrik dari 40 KV menjadi 220 V menggunakan current transformer, kemudian tegangan dikonversikan menjadi data digital pada mesin meteran agar dapat diukur dengan parameter pengukuran seperti daya, energi, dll. Setelah ini data digital masuk ke bagian pengolahan dan komunikasi, pada bagian ini data digital dapat disimpan ke memori, ditampilkan lewat LCD display, atau dikirimkan ke database PLN lewat modem.



AMR (AutomaticMeterReading) merupakan aplikasi ini digunakan untuk pengendalian dan pemantauan tenaga listrik pada pelanggan. Apabila fasilitas ini digunakan oleh PLN, maka meter listr…

Apa Itu K2 Dalam Sistem Pembangkit Listrik ?

BLOG'S DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Dalam dunia pembangkit listrik atau usaha pembangkit perlu adanya undang - undang yang mengatur tentang pembangkit, lingkungan serta SDM yang bekerja dalam suatu pembangkit.

Maka dari itu saya akan memberikan sedikit artikel mengenai apa itu K2 dalam usaha pembangkit. Dan seberapa pentingkah K2 tersebut baik bagi manusia, pembangkit dan lingkungan sekitar pembangkit serta bagaimana hukum pidana jika melangar undang - undang tersebut. Mari kita bedah satu persatu dibawah ini.

Pengertian K2


DEFINISI ATAU PENGERTIAN K2 :
KESELAMATAN KETENAGALISTRIKAN ADALAH SEGALA UPAYA ATAU LANGKAH-LANGKAH PENGAMANAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DAN PENGAMANAN PEMANFAAT TENAGA LISTRIK UNTUK MEWUJUDKAN KONDISI ANDAL BAGI INSTALASI DAN KONDISI AMAN DARI BAHAYA BAGI MANUSIA, SERTA KONDISI AKRAB LINGKUNGAN, DALAM ARTI TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN HIDUP DI SEKITAR INSTALASI TENAGA LISTRIK.
K2 meliputi antara lain sebagai berikut : 1.KESELAMATAN KERJA 2.KESELAMATAN UMUM 3.KESELAMATAN LI…

Jaringan Distribusi Listrik

Duniapembangkitlistrik.blogspot.com - Sistemdistribusi merupakan bagian dari sistem tenaga listrik. Sistem distribusi ini berguna untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber daya listrik besar (bulk power source) sampai ke konsumen.


Jadi fungsi distribusi listrik adalah:

1. Pembagian atau penyaluran tenaga listrik ke beberapa tempat (pelanggan).

2. Merupakan sub sistem tenaga listrik yang langsung berhubungan dengan pelanggan, karena catu daya pada pusat-pusat beban (pelanggan) dilayani langsung melalui jaringan distribusi.

Tenaga listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik besar dengan tegangan dari 11 KV sampai 24 KV dinaikkan tegangannya oleh gardu induk dengan transformator penaik tegangan menjadi 70 KV, 154 KV, 220 KV atau 500 KV kemudian disalurkan melalui saluran transmisi.

Tujuan menaikkan tegangan adalah untuk memperkecil kerugian daya listrik pada saluran transmisi, dimana dalam hal ini kerugian daya adalah sebanding dengan kuadrat arus yang mengalir. Dengan daya yang s…

Pengertian Dan Fungsi Governor Pada Pembangkit Listrik

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Governor dalam sistem PLTU merupakan ekuipmen yang sangat penting. Governor merupakan pengatur besar kecilnya tekanan uap panas yang masuk ke dalam turbin, yang nantinya memutar generator. Untuk jelasnya sebagai berikut:

Governor pada sistem PLTU memiliki kegunaan utama sebagai pengatur besar kecilnya uap panas yang masuk turbin. Mudahnya bisa di analogikan seperti keran. Biasanya untuk mengatur besar kecilnya bukaan ini menggunakan tekanan oli atau seperti hidrolik. Dalam PLTU sistem hidrolik governor biasa di sebut dengan DEH (Digital Elektrik Hidrolik) System.






Pada governor terdiri dari  beberapa lubang yang terbuka perlahan sesuai dengan dorongan atau tekanan hidrolik. Steam yang mengalami kebocoran pada governor akan melalui jalur kebocoran atau leakage yang nantinya akan digunakan sebagai pemanas awal di gland seal.

Karena sering dilalui tekanan uap panas yang sangat tinggi governor amat rawan untuk mengalami kebocoran. Untuk melakukan perbaikan, jika ada…